Inilah 5 Peran HR dalam Pengelolaan Program Pensiun

Program perencanaan pensiun adalah hal krusial yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum masa kerja selesai. Sayangnya, masih sedikit karyawan atau peserta yang betul-betul paham terkait program pensiun dan manfaat besar yang bisa dirasakan.

Di sinilah peran HR (Human Resources) penting dalam membantu karyawan memahami program pensiun, serta menyiapkannya untuk pengelolaan yang baik.

Pengertian Program Pensiun

Program Pensiun merupakan sebuah bentuk perlindungan finansial bagi para pekerja yang telah memasuki usia pensiun. Program ini bertujuan untuk memastikan bahwa mereka memiliki sumber pendapatan setelah pensiun, dan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka selama bertahun-tahun bekerja.

Secara statistik, Indonesia mengalami peningkatan dalam indeks pensiun global dari 49,2% ke 51,8% di tahun 2022. Hal ini menunjukkan bahwa regulasi yang dijalankan semakin baik, serta inisiatif pemerintah untuk melakukan modernisasi kebijakan pensiun juga menunjukkan tren positif.

Di samping peran pemerintah, HR masing-masing perusahaan juga harus mengambil andil penting dalam pengelolaan program pensiun yang berkesinambungan. Hal ini tentu melibatkan pekerja, dengan cara mempromosikan kesadaran finansial untuk memaksimalkan alokasi dana pensiun.

5 Peran HR dalam Pengelolaan Program Pensiun

HR memiliki peran penting, tidak hanya saat usia produktif karyawan, tapi juga membantu mereka untuk melewati masa transisi menuju pensiun. Tugas ini menjadi penting, mengingat masih banyak karyawan atau peserta pensiun yang tidak aware akan pentingnya pengelolaan program pensiun.

Apa saja peran HR dalam pengelolaan program pensiun?

  • Menyusun dan mengembangkan kebijakan pensiun

Tugas pertama HR adalah merancang, menyusun, dan menerapkan kebijakan pensiun dalam sebuah perusahaan. Secara umum, kebijakan tersebut berisi usia pensiun, program pensiun, serta manfaat pascapensiun yang akan diterima karyawan. Tugas HR adalah membuat kebijakan yang jelas dan terperinci, sehingga akan membantu karyawan untuk memahami pilihan-pilihan mereka dengan mudah, dan bisa membuat rencana dengan efektif.

  • Komunikasi dan edukasi

Selanjutnya, tugas HR adalah untuk mengomunikasikan manfaat pensiun dengan jelas kepada karyawan termasuk, program pensiun, opsi-opsi, hak dan kewajiban, serta manfaat yang akan diterima.

Selain itu, HR juga bisa mengadakan sesi informasi secara rutin seperti workshop, seminar, lokakarya, atau yang lainnya. Hal ini berguna untuk membuat karyawan melek program pensiun, mendidik, dan memberi literasi keuangan baru.

  • Membantu merencanakan kegiatan pascapensiun

HR bisa melakukan pendekatan lebih mendalam kepada karyawan dengan cara membantu menyiapkan rencana keuangan untuk masa pensiun. Opsi lain juga bisa dengan cara menyediakan konsultan program pensiun pihak ketiga untuk pendampingan yang lebih profesional.

Hal ini bertujuan agar karyawan bisa menentukan kebutuhan pascapensiun, sumber dana, alokasi dana pensiun, memilih instrumen investasi, dan mengetahui manajemen risiko dana pensiun.

  • Membantu membangun koneksi

Selain terkait dana pensiun, HR juga bisa membantu karyawan untuk membangun koneksi setelah masa usia produktif selesai. Hal ini bisa terkait koneksi dengan sesama pensiunan, komunitas yang sesuai dengan minat, atau organisasi yang menjadi passion karyawan.

Tujuannya adalah supaya karyawan tetap menerima dukungan sosial dan aktualisasi diri meski sudah tidak bekerja lagi.

  • Menyiapkan generasi penerus yang kompeten

Menyangkut perannya dalam program pensiun, HR juga memiliki kewajiban terhadap perusahaan untuk menyiapkan generasi penerus yang kompeten, berintegritas, dan profesional. Tujuannya adalah agar tidak terjadi kekosongan atau kesenjangan dalam proses transisi kepegawaian.

Itulah 5 tugas utama HR dalam membantu pengelolaan program pensiun. Pendampingan secara holistik diperlukan, tidak hanya soal menabung dana pensiun tapi juga kesiapan mental karyawan.

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *