Apa Manfaat Penggunaan AI dalam Praktik Perhitungan Aktuaria?

Potensi teknologi kecerdasan buatan atau AI telah merambah ke berbagai bidang, termasuk perhitungan aktuaria. Walau layanan pakar aktuaria penting untuk membantu individu profesional dan perusahaan, teknologi AI bisa ikut mendukung bahkan meningkatkan kualitas layanan tersebut.

Manfaat Penggunaan AI dalam Perhitungan Aktuaria 

AI bisa berpengaruh besar dalam berbagai elemen tugas-tugas aktuaria. Adanya berbagai prediksi terkait peran AI dalam aktuaria membuktikan potensi penggunaannya yang makin meluas dalam bidang kerja profesional.

Beberapa contoh potensi penggunaan AI dalam perhitungan aktuaria antara lain:

  • Mempersingkat Proses Analisis Data

Pekerjaan aktuaris melibatkan banyak analisis data untuk menemukan hasil perhitungan paling akurat untuk klien berbeda. Dengan AI, aktuaris bisa mempersingkat proses analisis dan fokus pada aspek tugas lain yang lebih spesifik dan membutuhkan fokus ekstra.

  • Menganalisis Berbagai Asumsi Aktuaria

Perhitungan aktuaria melibatkan analisis berbagai asumsi yang memengaruhi nilai akhirnya. Contohnya adalah tingkat suku bunga, gaji, anuitas, dan manfaat pensiun itu sendiri. AI bisa membantu menganalisis berbagai faktor ini secara lebih cepat dan akurat. Cocok untuk mengelola kalkulasi aktuaria beberapa klien sekaligus.

  • Menganalisis Risiko dalam Perhitungan Aktuaria

Kalkulasi aktuaria melibatkan analisis berbagai faktor risiko untuk mendapatkan hasil perhitungan terbaik bagi klien. AI berpotensi melacak faktor risiko secara lebih menyeluruh terkait berbagai asumsi spesifik dalam perhitungan aktuaria.

Faktor Pendukung Pemanfaatan AI yang Bertanggung Jawab 

Walau menawarkan berbagai potensi, AI juga membawa risiko seperti adanya bias dan kesalahan, terutama jika sistemnya tidak dikelola dengan baik. Klien mungkin juga merasa ragu akan faktor-faktor penting seperti transparansi dan keamanan.

Terkait penerapan teknologi seperti AI untuk fintech, Otoritas Jasa Keuangan Indonesia telah berkolaborasi dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia, Asosiasi Fintech Indonesia, Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia, dan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia. Bentuk kerja samanya adalah penerapan pedoman perilaku dan kode etik untuk penerapan AI di fintech Indonesia.

Dalam pedoman dan kode etik ini, OJK menetapkan beberapa prinsip yang harus diikuti semua lembaga keuangan terkait penerapan AI, misalnya:

  • AI Harus Membawa Manfaat

Penerapan AI harus membawa nilai tambah baik bagi bisnis maupun klien atau konsumen. Tujuan akhirnya adalah membantu klien memecahkan masalah dan mengambil keputusan terbaik, meningkatkan inklusi dalam bidang keuangan, hingga mendukung proses ekonomi berkelanjutan.

  • AI Harus Adil dan Bisa Dipertanggungjawabkan

Penerapan AI dalam berbagai bidang, termasuk perhitungan aktuaria, harus berdasarkan kerangka manajemen risiko menyeluruh. Penyelenggara harus memastikan bahwa penerapan AI tidak akan merugikan atau melanggar privasi dan etika. Teknologi yang digunakan juga harus melalui rangkaian tes sebelum digunakan.

  • AI Harus Aman dan Transparan

Teknologi AI yang digunakan harus memiliki sistem keamanan mumpuni yang melindungi semua pihak secara maksimal dan rajin dievaluasi. Penyelenggara layanan yang menggunakan AI juga harus terbuka terhadap klien/vendor terkait risiko serta keunggulan sistem yang digunakan.

Cara Mengakses Teknologi AI untuk Kalkulasi Aktuaria Akurat

Jika Anda adalah pelaku usaha yang membutuhkan jasa kalkulasi aktuaria akurat, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi yang menggunakan teknologi AI. Salah satunya adalah Kantor Konsultan Aktuaria Arya Bagiastra.

Jasa konsultasi ini menggunakan teknologi berbasis AI seperti kalkulator yang bisa menghitung berbagai aspek seperti manfaat dana pensiun untuk karyawan. Dengan teknologi ini, setiap perhitungan bisa dilakukan secara cepat tanpa mengorbankan akurasi. Anda pun bisa mendapatkan hasil kalkulasi terbaik untuk mengambil keputusan finansial penting.

Teknologi AI kini telah menjadi bagian penting dari perhitungan aktuaria masa kini dan masa depan. Gunakan jasa layanan aktuaria dengan teknologi ini untuk mendapat hasil kalkulasi terbaik.

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *