Ini Pentingnya dan Cara Pilih Konsultan Aktuaria 

Perhitungan imbalan pasca kerja adalah salah satu contoh akuntansi yang wajib dipenuhi. Perhitungan ini cukup kompleks dengan aturan yang ketat sehingga tidak sedikit bisnis yang menggunakan jasa kantor konsultan aktuaria sesuai SAK ETAP.

Mengenal SAK ETAP 

Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik alias SAK ETAP adalah panduan penyusunan laporan keuangan bagi entitas yang tidak mempunyai akuntabilitas publik. Entitas ini juga menerbitkan laporan keuangan, tetapi hanya untuk tujuan umum bagi pengguna eksternal. Adapun contoh entitas yang dimaksud adalah pemilik bisnis yang tidak terlibat langsung dalam pengelolaan usaha, lembaga pemeringkat kredit, dan sebagainya.

Setidaknya ada lima prinsip SAK ETAP yang harus terpenuhi dalam setiap pembuatan laporan keuangan seperti berikut.

Prinsip Akrual

Prinsip ini menyatakan bahwa setiap transaksi, pendapatan mau pengeluaran, harus diakui secara langsung saat terjadi terlepas dari waktu penerimaannya.

Prinsip Biaya Historis

Prinsip ini menyatakan bahwa setiap aset yang sudah terbukukan dalam laporan keuangan wajib diukur dan diakui berdasarkan biaya sebenarnya yang dikeluarkan untuk memperoleh aset tersebut.

Prinsip Kewajaran

Prinsip ini menyatakan bahwa pengakuan aset dan pendapatan dilakukan apabila ada keyakinan yang wajar dalam transaksi sekaligus bukan karena likuidasi maupun penjualan paksa.

Prinsip Pengungkapan

Prinsip ini menyatakan bahwa seluruh informasi material yang relevan wajib diungkap secara penuh dalam laporan keuangan.

Prinsip Konsistensi

Prinsip ini menyatakan bahwa entitas harus mengaplikasikan kebijakan akuntansi yang konsisten dari satu periode ke periode berikutnya kecuali adanya alasan valid untuk melakukan perubahan. Jika terjadi perubahan pun, maka harus dijelaskan dalam laporan keuangan.

Pentingnya UKM dan Perusahaan Menggunakan Jasa Konsultasi Aktuaria 

Adanya SAK ETAP diharapkan membantu stakeholder terkait dalam menyediakan informasi terkait kinerja keuangan, posisi keuangan, dan laporan arus kas entitas tersebut, terutama mendongkrak pengelolaan dan pelaporan keuangan bagi UKM, biro jasa kecil, hingga organisasi nirlaba.

Kendati demikian, proses memperoleh informasi tersebut cukup kompleks dengan kuantitas data yang besar. Dalam melakukan perhitungan imbalan pasca kerja seperti pensiun dan tunjangan kesehatan pasca kerja karyawan, entitas harus menyesuaikan kondisi dan laporan keuangannya (termasuk di antaranya berdampak pada laba bisnis atau tidak), mengatur strategi investasi, dan masih banyak lainnya.

Aktivitas ini haruslah dilakukan secara cermat. Namun, tanpa pengetahuan dan pengalaman profesional, entitas bisnis cenderung sulit melakukannya. Oleh karena itu, menggunakan jasa kantor konsultan aktuaria menjadi pilihan yang solutif.

Selain itu, kantor aktuaria merupakan pihak eksternal perusahaan sehingga perhitungan yang dilakukan lebih independen. Proses audit pun lebih efisien karena entitas bisnis tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk melakukan perhitungan yang kompleks.

Cara Memilih Kantor Konsultan Aktuaria 

Ada cukup banyak jasa konsultan aktuaria yang dapat membantu entitas bisnis melakukan berbagai perhitungan keuangan. Berikut adalah beberapa poin penting dalam pertimbangan memilih kantor konsultan aktuaria yang paling tepat.

  1. Reputasi dan kredibilitas kantor aktuaria dari pengalaman dalam industri, ulasan pelanggan, dan lain-lain.
  2. Kepatuhan dan pemahaman hukum khususnya terkait regulasi sesuai wilayah.
  3. Kualifikasi anggota tim yang profesional untuk memastikan bahwa pekerjaan akan selesai seperti yang disepakati atau diharapkan.
  4. Spesialisasi dalam industri atau sektor tertentu untuk memberi solusi yang lebih baik dan efektif.
  5. Biaya dan struktur tarif yang transparan sejak di awal.

Menggunakan jasa kantor konsultan aktuaria bagi entitas bisnis dengan SAK ETAP membantu bisnis mengelola kondisi keuangan lebih efektif sehingga dapat mewujudkan tujuan bisnis dan keuangan secara strategis.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *